Tips Berpakaian bagi Para Pemberani yang Keren

Categories:
Localizations:

Terlepas dari persoalan apakah kamu terlibat dalam aktivitas ilegal atau tidak, melindungi privasimu saat berpartisipasi dalam protes publik merupakan hal yang penting. Lembaga penegak hukum sedang mengumpulkan data ekstensif tentang setiap orang yang mereka anggap sebagai tersangka. Jika kamu tidak ingin mereka mengganggu privasimu, adalah sebuah keharusan bagimu untuk tetap anonim saat menggunakan hak kebebasan berpendapat. Hal yang sama harus diperhatikan dua kali lipat lebih seksama jika kamu termasuk kategori etnis minoritas, dan jika bos atau kampusmu mungkin mendiskriminasimu karena keyakinan politikmu. Mengingat adanya dakwaan kriminal yang diberikan kepada para protestor akhir-akhir ini, sangat penting bagi para aktivis untuk memperhatikan hal ini.

Kami telah mempublikasikan secara ekstensif tentang topik ini, terutama dalam panduan “Blocs, Black and Otherwise”. Sebagian besar panduan ini merupakan penyegaran bagi siapa saja yang membutuhkannya sebelum kembali ke jalanan.

Tips Berpakaian bagi Para Pemberani yang Keren

Apakah kamu ingin menjadi individu otonom alih-alih menjadi roda penggerak mesin tanpa wajah dalam proses produksi? Bagus! Keseragaman juga bisa menjadi senjata yang dapat kamu gunakan untuk menghancurkan mesin itu sendiri. Tentu saja tips ini tidak terlalu penting jika barisanmu hanya sedang berpawai.

Blok sebagai taktik bertujuan untuk membuat setiap orang terlihat semirip mungkin, sehingga, idealnya, tidak ada satu individu pun yang dapat teridentifikasi dalam massa yang anonim. Ini membantu semua orang menjadi lebih aman. Namun jika hanya beberapa orang saja dalam suatu blok yang melakukan tindakan pencegahan ini, polisi dapat dengan lebih mudah menemukan dan menarget individu dan kelompoknya. Ini berbahaya baik bagi mereka yang beraksi maupun bagi mereka yang tidak beraksi namun bergabung di dalam blok tersebut. Mereka yang berusaha berpenampilan anonim dapat menarik perhatian ekstra polisi, sementara mereka yang tidak berpenampilan demikian akan dengan mudah diidentifikasi dan lebih mudah menjadi target. Kita tidak menginginkan kedua hal ini terjadi.

Ini hal serius! Jika kamu ingin melakukan aksi yang berisiko, mengambil tindakan pencegahan sangatlah penting. Jika kamu tidak tertarik melakukan hal yang berisiko, setidaknya kamu membantu melindungi kawan-kawanmu dan hindari dirimu menjadi target.

  • Jika memakai masker, tetap kenakan masker sepanjang waktu! Jika tertangkap kamera atau dilihat saksi saat tanpa masker, dengan mudah kamu akan teridentifikasi.

  • Sangat berhati-hatilah mengenai di mana dan kapan kamu berganti masker atau pakaian. Pastikan tidak ada kamera atau saksi. Jika memungkinkan, jelajahi area tersebut terlebih dahulu untuk menemukan ruang yang aman untuk berganti pakaian. Ingatlah bahwa polisi cenderung menarget orang-orang bermasker yang tidak berada dalam kerumunan yang berpakaian serupa.

  • Kenakan pakaian berbeda di lapisan bawah pakaian aksi, jadi kamu telah bersiap untuk segala kemungkinan. Idealnya, kamu memakai pakaian biasa yang tidak menarik perhatian ketika menuju lokasi aksi. Kemudian kamu dapat memakai perlengkapan atau pakaian untuk menjaga anonimitas ketika beraksi, dengan lapisan pakaian lain di bawahnya sehingga kamu dapat terlihat seperti warga sipil yang tidak berbahaya saat keluar dari area tersebut. Jangan lupa minum air dan menghindari dehidrasi, terutama jika semua pakaian tersebut menjadi semakin panas. -Jika kamu memiliki tato yang terlihat jelas, tutupi! Kamu bisa menutupnya dengan riasan atau concealer, terutama jika kamu memiliki produk bagus yang dirancang untuk tujuan itu. Banyak aktor dan penari menggunakan produk make up high coverage untuk menutupi tato, luka bakar, dan bekas luka. Produk tersebut biasanya ada dalam berbagai warna yang dapat disesuaikan dengan warna kulitmu. Bisa cari produk yang tahan air, beberapa produk bahkan tahan dipakai hingga 12 jam. Harganya mungkin mahal, tapi lebih murah dibandingkan uang yang harus diberikan kepada polisi jika tertangkap! Jika kamu tidak dapat menemukan concealer atau produk serupa, tutupi tatomu dengan pakaian.

  • Demikian pula jika kamu memiliki tindikan yang terlihat, cabut dulu—atau setidaknya tutupi agar tidak terlihat.

  • Jangan bergabung ke blok dengan mengenakan pakaian yang kamu pakai sehari-hari, apalagi kalau pakaian sehari-harimu mencolok. Polisi mungkin bodoh, tapi mereka bisa mencocokkan foto orang bertopeng yang bercelana polkadot ungu dengan foto lain ketika kamu memakai celana yang sama tanpa topeng—bahkan jika foto tersebut diambil pada hari yang berbeda.

  • Jika kamu membawa ransel atau tas, jangan bawa tas yang kamu pakai sehari-hari. Tidak peduli seberapa sempurna pakaianmu, akan sia-sia jika tasmu dengan mudah dikenali—terutama karena, seperti kebanyakan orang, Anda lebih jarang mengganti tas daripada mengganti pakaian.

  • -Hal yang sama berlaku untuk sepatu Anda, untuk alasan yang sama — kenakan sepatu yang berbeda selama beraksi dengan yang Anda kenakan setiap hari. Ini juga penting karena polisi dapat mencoba menggunakan jejak kaki atau jejak lain dari sepatu sebagai bukti.

-Jangan memakai tambalan/patch atau lencana lain yang dapat dikenali pada pakaian Anda saat berada di dalam blok, kecuali semua orang memiliki pakaian yang persis sama di tempat yang sama persis.

  • Jangan hanya menutupi wajah Anda! Bandana memang populer dan nyaman, tetapi tidak cukup untuk melindungi Anda. Tutupi kepala Anda sepenuhnya sehingga rambut Anda tidak terlihat — terutama jika itu khas (mis: berwarna, gondrong, atau botak). Dalam black bloc, Anda dapat mengenakan masker ski atau membuat masker dari kaus — regangkan lubang leher di depan mata Anda dan ikat lengan baju di belakang kepala Anda, dengan sisa kemeja menutupi kepala dan bahu. Dalam situasi lain, Anda bisa mencoba wig, jika itu sesuai dengan estetika tindakan Anda.

-Jika memungkinkan, tutupi mata Anda. Kacamata Goggles dapat melakukan tugas ini sekaligus melindungi mata Anda dari senjata kimia; kacamata hitam yang tidak mencolok juga bisa berfungsi dalam keadaan darurat. Keduanya lebih baik digunakan daripada kacamata biasa, terutama jika kacamata biasa Anda berbeda dari umumnya. Lensa kontak tidak disarankan dalam situasi di mana Anda mungkin berhadapan dengan senjata kimia.

  • Berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan sidik jari dan bukti DNA! Kenakan sarung tangan kain — bahan kulit dan lateks dapat mempertahankan sidik jari dan bahkan meneruskannya ke benda yang Anda sentuh. Sebelumnya, bersihkan peralatan dan barang lainnya dengan alkohol, untuk membersihkan sidik jarinya — Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin tertinggal dalam kekacauan itu. Jangan lupa tentang baterai di dalam senter! -Berlatihlah di rumah! Jangan keluar dengan pakaian longgar yang belum pernah Anda kenakan sebelumnya dan berharap untuk memiliki ketangkasan yang mengejutkan. Anda harus terbiasa dengan pakaian Anda dan nyaman bergerak di dalamnya; penting agar visi Anda tidak terganggu juga.

  • Jangan biarkan semua ini memberi Anda rasa aman yang salah. Hati-hati! Menilai hubungan Anda berisiko dengan jujur; jangan lakukan apa pun jika Anda tidak yakin dapat hidup dengan kemungkinan konsekuensi terburuk. Waspadai lingkungan sekitar Anda dan dengarkan insting Anda. Pastikan Anda mengenal dan mempercayai orang yang bekerja dengan Anda, terutama yang berhubungan dengan aktivitas berisiko tinggi. Praktikkan budaya keamanan yang tepat setiap saat. Ketahui dan tegaskan hak hukum Anda [PDF - .9 MB], terutama dalam situasi yang penuh tekanan. Melakukan hal itu mungkin tidak membuat segalanya lebih baik, tetapi jika gagal melakukannya tentu akan memperburuk keadaan!

Jangan sampai ketahuan! Tetap (lebih) aman, dan hancurkan negara!